SAY NO to GOLPUT, Please..

Image

Besok adalah hari penting bagi pemerintahan kota kelahiran saya, Tulungagung. Pesta Demokrasi Kepala Daerah akan diadakan. Pilkada.

Ini adalah kali pertama saya menggunakan hak pilih saya sebagai warga negara dan warga Tulungagung yang baik untuk ikut berpartisipasi. Tentunya dengan NYOBLOS ! 😀

Periode kemarin saya belum bisa ikut karena belum cukup umur, dan pemilu presiden pun saya juga belum bisa ikut. Maka, saya cukup excited untuk ikut nyoblos besok. Dan ketika tadi baru sampai rumah, setelah mengurus KRS di Malang, dan saya mendapati bahwa saya mendapat undangan untuk ikut nyoblos, saya senang, ya senang 😀 Merasa menjadi warga yang dipentingkan untuk ikut berpartisipasi dalam berpolitik dengan cara yang paling sederhana.

Di tengah segala macam berita tentang pemilu pilkada kota saya, baik seputar kampanye dan calon cabub dan cawabup, akan selalu ada hal ini, GOLPUT.

Pada sebuah akun social media yang memberitakan segala info mengenai kota saya, baik yang penting maupun tidak, ada fakta yang menarik untuk diperhatikan. Mengenai golput ini. Saya membaca, banyak sekali respon dari (yang sepertinya) warga Tulungagung ini, ketika admin membahas mengenai pilkada ini. Dan cukup banyak yang berkoar untuk golput pada pilkada besok. Miris.

Entah kenapa antara miris, tersenyum getir, dan ingin menertawakan orang-orang ini saat membaca komentar-komentar mereka. Bagaimana bisa mereka dengan bangganya berkata untuk golput di lini massa seperti itu ? bagi saya, bukan sesuatu hal yang bisa dibanggakan dengan memilih golput.

Apa sih sebenarnya yang dibanggakan dengan golput ?

Jujur, saya tidak pernah terpikir untuk golput, dalam pemiliahan apa pun sejauh ini. Baik birokrasi yang besar ataupun sekecil pemilihan ketua kelas sekalipun. Saya selalu bersemangat untuk menggunakan hak pilih saya. Entah dengan alasan dan dasar apapun dalam memilih seorang calon. Sesedrhana apa pun alasan saya itu.

Dan apalagi setelah saya membaca buku NASIONAL.IS.ME dan Berani Mengubah milik Pandji Pragiwaksono (maaf, saya memang mengagumi orang ini. Dan sejauh ini saya memang belum mencari sumber lain tentang belajar politik selain dari dia). Saya merasa tidak akan kehilangan optimism dan keyakinan saya terhadap masa depan pemerintah Indonesia di bidang hukum menjadi lebih baik, bahkan benar-benar baik kelak. Saya yakin, aka nada hari itu. Dan darimana itu dimulai ? dari hal kecil seperti menggunakan hak pilih sebaik-baiknya.

Bagi saya, yang jujur memang tidak mampu untuk belajar politik lebih mendalam, apalagi masuk ke dalam dunia politik untuk mengubah sistem menjadi lebih baik, maka saya menggunakan cara paling sederhana ini. Saya tahu kemampuan saya dalam berpolitik. Namun saya tidak akan secuek itu untuk tidak ingin tahu mengenai calon pasangan yang akan maju dalam deretan calon wakil rakyat. Dan cara sederhana yang saya lakukan, ya mencari tahu lah -__-

Itu bukan hal yang sulit kan ? di era informasi digital serba cepat serba ada ini ?

Bagi seorang yang berpendidikan, seharusnya ini bukan hal yang sulit dilakukan bukan ?

Maka dari itu, apa sih yang dibanggakan dengan golput ? segitukah pesimis dengan pemerintahan Indonesia ke depannya ? dan menganggap ‘Semua wakil rakyat pada akhirnya pun pasti korup dan nggak bener juga’. Segitu nggak optimis ya sama bangsa sendiri ?

Ini yang bikin saya sedih. Media mainstream, televise memang selalu membesar-besarkan hal yang negative tentang Indonesia. Demi rating, dan income.

Dan menurut saya, buat orang yang pada akhirnya emang beneran milih untuk golput, mereka tidak berhak untuk kelak mengkritik ataupun protes, apalagi menuntuy haknya pada pemerintahan saat itu. Kok bisa dia berlaku begitu ? wong milih wakil rakyatnya juga nggak..

Jadi, Pleasee… Cah, OJO GOLPUT !

Gunakan hak pilih sebijak dan sebaik mungkin. Pilihlah calon pasangan wakil rakyatmu yang terbaik diantara pilihan yang ada daripada tidak sama sekali. Jadilah pemuda yang tidak apatis.

Optimis untuk Indonesia, Optimis untuk Tulungagung !

MERDEKA !

Advertisements

About ARTnisaa

share my own world, that random, fun, and a lot of though about
This entry was posted in Uncategorized and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s